Manajemen Waktu

Assalamu’alaykum,

Tulisan ini saya buat atas permintaan Vina teman saya yang ingin membuat buku ke-2-nya untuk orangtua terutama Ibu-Ibu Indonesia. Saya diminta untuk membagikan pengalaman bagaimana memanajemen waktu saya.

Saya selalu berusaha membangun konsistensi untuk manajemen waktu saya. Saya membagi waktu saya, merencanakan apa yang akan saya lakukan untuk esok hari. Ada saat dimana saya menemukan diri saya kembali melewati hari dengan tidak sesuai dengan yang saya rencanakan.

Hal sederhana yang saya lakukan sampai akhirnya saya menemukan cara yang sesuai buat saya dalam memanajemen waktu adalah membangun komitmen dengan hal yang sederhana, dijalani secara konsisten satu demi satu hingga menjadi kebiasaan baik yang menetap.

Komitmen sederhana tersebut adalah menuliskan apa yang akan dan mampu dijalani.

Buku “Eat That Frog” karangan Brian Tracy mengatakan bahwa jika kita melakukan hal yang paling tidak kita sukai di awal hari, maka sisa hari kita akan terasa ringan dan menyenangkan. Saya mengutip perkataan Mark Twain, yaitu “Makanlah katak hidup di pagi hari dan tidak ada yang paling buruk akan terjadi padamu di sisa harimu.”

Memanajemen waktu adalah tantangan buat saya, apalagi saya di tanah rantau yang tidak mempunyai asisten rumah tangga ataupun orangtua serta saudara yang membantu. Saya selalu berusaha agar bisa mengelola hari-hari saya bisa berjalan optimal dan maksimal. Saya juga bukan tipe orang yang anti asisten rumah tangga. Tentunya apabila ada asisten rumah tangga yang bisa membantu visi dan misi saya dalam mengurus rumah tangga dan membantu meringankan pekerjaan memberikan pendidikan di rumah kepada anak saya, tentunya saya pekerjakan. Hanya ada 3 orang selama baru 5 tahun saya di tanah rantau, ada asisten rumah tangga yang sesuai visi dan misi saya. Namun, 2 orang itu nikah dan tidak boleh bekerja oleh suaminya serta 1 orang lagi ibunya sakit izin terlebih dahulu namun akhirnya minta izin untuk mengurus ibunya karena hanya tersisa mereka berdua. Ayahnya sudah meninggal dunia.

Contoh hal yang terjadi pada saya sebagai berikut: Hal yang paling berat untuk emulai hari menurut saya adalah menghabiskan 1 juz Al-Qur’an sebelum panggilan adzan subuh serta olahraga. Maka, hal pertama jatah untuk memulai hari adalah menghabiskan 1 juz Al-Qur’an sebelum subuh serta olahraga setelah shalat subuh sebelum mengerjakan hal lainnya. Tentu saja di luar 2 hal di atas, masih banyak pekerjaan lain. Namun, setiap kali berhasil mengalahkan rasa malas dengan menghabiskan 1 juz Al-Qur’an dan olahraga, rasanya ada energi ekstra dan motivasi yang luar biasa untuk mengerjakan pekerjaan lainnya sehingga bisa berjalan lebih mudah. Frog menurut Brian Tracy atau katak menurut Mark Twain disini berarti hal yang paling penting yang ada dalam daftar kegiatan (to do list) .

Ada beberapa pantangan yang harus dilakukan sebelum target harian / “frog” itu dilakukan, misalnya katika bangun pagi dan semangat melakukan banyak kegiatan, namun tanpa disadari saya membuka media sosial. Waktu berjalan cepat, anak mulai bangun, dan saya pun terkekeh-kekeh menyelesaikan banyak hal dengan hati yang sedih. Waktu yang berharga yang seharusnya bisa dipakai untuk melakukan banyak hal pun hilang. Lebih buruk lagi, jika hal tersebut berulang esok harinya.

Kesimpulannya, cara memanajemen waktu saya adalah seperti berikut:1. Saya membuat Daftar Kegiatan Harian2. Saya memilih 3 hal penting (prioritas) yang akan dilakukan3. Dari 3 hal tersebut, saya memilih hal yang paling berat saya lakukan. Itu bisa menjadi “katak/ frog” yang harus dimulai awal4. Saya menjadikan “makan kodok” menjadi hal rutin dalam keseharian saya.

Saya berusaha komit dengan waktu yang saya buat. Jatuh bangun biasa, namun bagaimana saya bisa selalu bangkit dari jatuh. Semoga bermanfaat.

20170228_174600.jpg

Salah Satu Contoh Target Harian

Wassalamu’alaykum.

2 thoughts on “Manajemen Waktu

Leave a Reply

