Jurus Wing Chun

Anda tentu pernah mendangar beladiri “Wing Chun”, beladiri yang menggunakan dan membalik kekuatan lawan menjadi kekuatan Anda sekaligus memberikan pukulan yang bertubi-tubi.

Jurus beladiri Wing Chun ini ternyata bisa digunakan dalam berbisnis, menghadapi serangan dari pesaing bisnis Anda.

Mau tau caranya?

Langkah 1: Siapa Lawan Bertarung Anda
Tentukan Target Pasar Anda.

Langkah pertama dalam jurus Wing Chun atau strategi base on costumer adalah memahami arena pertandingan. Arena pertandingan adalah konsumen Anda yang Anda perebutkan dengan pesaing. Pahami dulu siapa konsumen yang akan Anda bidik. Jika Anda sudah tahu siapa konsumennya, Anda lebih mengetahui apa yang mereka inginkan. Jika kita gagal menentukan target pasar, kita juga akan gagal menentukan strategi marketing. Yang pasti akan berimbas pada buruknya penjualan.

Langkah 2: Jurus Yang Akan Anda Pakai
Pelajari Apa Yang Dibutuhkan Konsumen

Setelah menentukan pasar yang akan dibidik, selanjutnya adalah mempelajari apa yang mereka butuhkan. Jika tidak sesuai antara kebutuhan dan masalah di pasar dengan solusi dari produk atau jasa yang Anda siapkan, kemungkinan besar Anda akan jalan di tempat.

Langkah 3: Serap Kekuatan dan Tenaga Lawan
Analisis Siapa Kompetitor Anda

Langkah berikutnya adalah menganalisis kompetitor. Anda bisa gunakan teknik SWOT kompetitor. Jadi, evaluasinya adalah apakah Anda sudah tahu siapa 5 kompetitor terbaik Anda dan apa kelebihan dan kelemahan mereka, juga apa yang membuat mereka laris.

Langkah 4: Gunakan Kekuatan dan Tenaga untuk Menang
Ciptakan Nilai Tambah yang dibutuhkan pasar dan lebih baik dari kompetitor

Langkah keempat dalam jurus ini yaitu membuat solusi sebagai value/nilai tambah. Jika Anda sudah tahu apa yang dibutuhkan konsumen dan apa kelebihan kompetitor, langkah berikutnya adalah meracik strategi untuk membuat nilai tambah yang lebih baik dari kompetitor dan memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan begitu, Anda bisa bersaing dan memenangkan pertandingan.

Disalin dari The Power Of Sinergi by Coach Ridwan Abadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s