Resolusi 2017

Assalamu’alaykum,

Selamat hari minggu teman2. Selamat mengumpulkan kembali semangat untuk hari senin setelah berlibur. Teman2 punya resolusi apa di tahin 2017? Ada cita-cita yang ingin teman2 capai di tahun yang baru ini? Kalau saya pribadi selalu membuat resolusi di pergantian tahunnya. Mengapa? Agar saya bisa selalu semangat menjalani hari2 dengan mencapai cita2 yang saya inginkan dan mengevaluasi diri saya, apakah saya mengalami kemajuan atau kemunduran (naudzubillahimindzalik ya kalau kemunduran). Begitu juga dengan anak saya dan keluarga saya. Kepada anak biasanya saya diskusikan sesuai dengan umur anak saya, 3,5 tahun, seperti Nak, mau bisa naik sepeda roda 2 ga di umur 4 tahun. Resolusi untuk keluarga kecil biasanya saya diskusikan dengan suami sy. Resolusi untuk usaha/toko saya, saya diskusikan dengan suami dan team (karyawan) saya.

Resolusi saya dengan anak di tahun 2017 adalah:

  1. Menemani anak saya ke masjid setiap shalat 5 waktu. Hal ini saya inginkan agar anak saya senang ke masjid agar sudah besarnya kelak anak saya tanpa disuruh setiap panggilan adzan langsung ke masjid. Di tahun 2016 kemarin saya sudah menerapkan hal ini dan saya ingin melanjutkannya karena saat liburan khususnya ke luar negeri susah sekali ke masjid dan pas saya sibuk juga bolong2 ke masjidnya.
  2.  Melanjutkan pengenalan kepada Allah, Islam dan Rasulullah (sirah Nabi) melalui buku2 islami seperti Halo Balita, Muhammad Teladanku, buku2 science, dan tadabbur alam mengenal ciptaan Allah dengan ke gunung, laut, gurun, salju, hutan, serta membacakan terjemahan juz ke-30. Saya sudah melakukan hal ini di tahun 2016. Halo Balita sudah habis kami baca dan akan kami ulang2, buku Muhammad Teladanku kami baru sampai jilid-5, dan mengetahui isi juz-30 kami sudah sampai surat Al-Lail.
  3. Melanjutkan tahfidz, hadist, dan mengaji ummi.
  4. Latihan sepeda roda-2 sampai bisa, latihan berenang sampai bisa, dan latihan memanah sampai bisa. Khusus untuk latihan sepeda roda-2 dan berenang saya dan suami yang melatih, sedangkan memanah saya dan Faiz berlatih bersama guru.
  5. Membiasakan berbicara bahasa inggris dan berkenalan dg bahasa arab.

Alhamdulillah Faiz sangat antusias mengerjakan hal2 yang sehari2 dia sudah lakukan. Tahfidz, mengaji ummi biasanya kami lakukan selepas shalat maghrib sampai isya. Membaca buku biasanya kami lakukan sebelum tidur siang dan tidur malam. Berlatih sepeda kami lakukan setiap pagi sebelum ke sekolah dan sore setelah Faiz tahfidz di lembaga pendidikan. Memanah kami lakukan setiap hari minggu pagi dan berenang setiap sabtu dan minggu sore.

Sedikit sharing mengenai resolusi saya di tahun 2017 adalah seperti gambar di bawah ini.

20170115_180625.jpgMutaba’ah Januari 2017

Dari gambar di atas shalat rawatib, shalat wajib, shalat sunnah, puasa sunnah, shalat dhuha, qiyamul lail, tilawah, dzikir pagi, dzikir petang, olahraga, beauty care pagi dan malam, baca buku, dan menulis blog.

Pada tahun 2016, shalat rawatib saya banyak sekali bolongnya. Padahal hadist Rasulullah SAW mengatakan:

images

Anjuran shalat rawatib sesuai hadist

Baca buku dan menulis blog saya targetkan 1 hari 1 buku dan 1 hari 1 artikel disebabkan agar ilmu saya bertambah setuap harinya.

Beauty care saya lakukan dengan cara sederhana, yaitu mencuci muka, masker dengan masker kefir yang dijual oleh medina (selanjutnya mungkin saya harus review product juga di blog), pagi pakai sunblock aja, malam pakai krim malam saja. Biasanya yang saya suka ga konsisten adalah perawatan pada malam hari, karena kerja sampai malam atau homeschooling anak sampai malam, tidurin anak membuat saya suka langsung tidur. 😆

Hadist mengenai shalat dhuha dan dzikir pagi ada di bawah ini:

images

Hadist Shalat Dhuha

Mengenail tilawah 1 juz, saya termotivasi dengan teman saya yang di tahun 2016 kemarin bisa khatam 12 kali. Sedangkan saya hanya khatam 5x. Tentunya di tahun 2017 ini saya ingin bisa lebih dari 5x (kan harus lebih baik dari tahun sebelumnya).

Mengenai keutamaan qiyamulail, salah satunya adalah:

images

Keutamaan Shalat Malam

Olahraga saya sangat tidak konsisten. Di tahun 2016 saya konsisten senam 4x seminggu, lalu saya ada proyek di Aljazair, Afrika Utara. Sepulang dari Afrika jadi tidak konsisten lagi. Saya tekadkan konsisten di tahun ini. Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga membuat badan saya tidak cepat capek. Saya paling suka olahraga di pagi hari dikarenakan agar saya bugar seharian beraktivitas dan tidak mudah lelah sehingga target harian saya tercapai.

Sekian semoga tahun ini saya bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Doain yah. Semangaaat.

Wassalamu’alaykum.

One thought on “Resolusi 2017

  1. Pingback: Tips Mengurus Anak | Lala Amalia

Leave a Reply

