Homeschooling

Assalamu’alaikum,

Sy tertarik dg keluarga Mas Aar dan Mba Mira Julia yg menjalankan homeschooling (HS) kpd anak2nya. Mereka mempunyai 3 orang anak tanpa asisten. Mereka jg berhasil ga terlalu memikirkan orang2 yg meragukan mereka menjalankan HS. Walaupun tidak memasukkan anak2 mereka ke sekolah, namun anak mereka yg pertama berhasil lulus ujian paket A. Hebat kan. Bayangin pelajaran anak2 SD sekarang kan susah2.

Homeschooling adalah proses pendidikan alternatif berbasis keluarga. Homeschooling bukan sekolah, karena dalam HS orangtua lah yg mengatur segala aturan, kurikulum, dan hal lain yg diperlukan dalam pelaksanaan HS. Kalau sekolah kan, orangtua terima beres segala bentuk kurikulum, peraturan, dan menitipkan anak ke sekolah.

Rumah Inspirasi yg dikelola oleh pasangan suami istri Mas Aar dan Mba Mira Julia menjalankan HS dalam 3 pilar, yaitu:
1. Anak dapat belajar dari keseharian/kegiatan yg dijalankan anak sehari-hari
2. Pembelajaran mandiri
3. Belajar menggunakan teknologi

Sebelum mengenal 3 pilar yg saya sebutkan di atas, teman2 bisa menebak ga apa arti belajar? Belajar adalah segala proses yang dilakukan untuk menjadi manusia yg lebih baik dalam tatanan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kualitas diri. Learn to know, learn to be, learn to do, learn to live together.

Learn to know adalah suatu proses belajar dari yg tidak tahu menjadi tahu, misalnya anak ingin sekali mengetahui tentang robot. Setelah mencari informasi bersama-sama, anak jadi mengetahui segala macam tentang robot. Karena sudah mengetahui robot, maka anak ingin membuat robot. Siapa tahu kan anak jd ahli di bidang robotik.
Learn to be adalah proses belajar mengenali diri sendiri. Apa yg menjadi kekuatan dan kelemahan anak, hal ini bisa diketahui melalui hobi.
Learn to do adalah proses belajar melakukan sesuatu, misalnya membuat robot yg akan menghasilkan ketetampilan output hardskill. Proses ini adalah proses belajar yg menghasilkan keterampilan, bisa keterampilan lisan, tulisan, softskill, hardskill, dll.
Learn to live together adalah proses belajar bagaimana hubungan dengan makhluk hidup lainnya, misalnya kasih sayang, toleransi, tolong menolong, mengerjakan pekerjaan rumah, dll.


Udah kebayang dong ya seperti apa HS, kalau belum yuk baca lagi yuuk, semangaaaat🙂

Keunggulan HS dibandingkan sekolah diantaranya adalah fleksibel (belajar sepanjang waktu dan bisa dimana saja), murah, terjangkau, dan menyenangkan. Disamping mempunyai keunggulan, HS jg mempunyai tantangan yaitu orangtua yg mau menjalankan HS haruslah orangtua yg terus mau belajar. Kalau malas, saran sy mending ga usah HS aja. Kl mau menjalankan HS sambil sekolah jg bisa. Jd sekolah hanya sekedar les tambahan aja, tapi belajar yg sebenarnya adalah di rumah bersama keluarga.

Yuk kita bahas 3 pilar dari Rumah Inspirasi.

BELAJAR KESEHARIAN
Belajar keseharian yg dimaksud disini adalah belajar dari apa yg dijalankan sehari-hari dan dicerna oleh anak bukan usaha dari orangtua. Dalam belajar keseharian ini, orangtua perlu batasan yg ketat antara belajar dan bermain serta pandai2 mengubah peristiwa biasa menjadi bermakna. Hal yg terakhit dapat sy contohkan, misalnya ada kucing lewat. Kucing lewat biasanya merupakan hal yg biasa, apabila dijadikan pelajaran menjadi hal yg bermakna. Misalnya tebak2an kaki kucing ada empat, kucing merupakan hewan karnivora, dll.
Model yg bisa dipakai dalam belajat keseharian adalah:
1. Model tidak sengaja. Model ini biasanya didapat dari pertanyaan, keinginan anak untuk terlibat, kebutuhan anak, dan kegiatan lainnya. Misalnya tiba-tiba anak bertanya tentang asal mula pohon, keinginan anak mencuci mobil bersama bapaknya, menanyakan jam karena ingin menonton tv.
2. Model sengaja. Biasanya model ini melibatkan pada kegiatan belajar secara khusus, misalnya percobaan sains yg memakai alat2 dapur.
Alat2 yg dapat dipakai dalam belajat keseharian adalah obrolan, keterlibatan anak, penugasan, dan belajar secara khusus.
Beberapa saran dalam belajar keseharian adalah:
1)  jangan terburu2 mengharapkan hasil
2)  bijaksana dg windows of learning
3) sesuaikan dg mood anak
4) belajar dg menyenangkan
5) waktu belajar singkat dan berulang

PEMBELAJAR MANDIRI
Pembelajar mandiri yg dimaksud disini adalah belajar atas dorongan internal. Bagaimana agar anak belajar atas keinginan sendiri dimana belajar merupakan suatu kebutuhan bukan suatu keterpaksaan.
Tugas orangtua adalah membuat ruang interaksi yg demokratis, menerapkan sistem insentif dan disinsentif yg konsisten, respon yg sehat untuk keingintahua, dan ruang yg luas untuk eksplorasi.
Pembelajar mandiri dapat membangun keterampilan belajar dg cara bertanya, memhaca, mencari informasi melalui media, menggunakan alat belajar.
Tahapan stimulus orangtua pd proses belajar mandiri adalah:
1. Belajar melalui keteladanan dg memberi contoh bukan menyuruh
2. Anak membantu orangtua
3. Orangtua membantu anak
4. Kegiatan bersama
5. Kegiatan mandiri
Banyak ide kegiatan yg dapat dilakukan diantaranya, yaitu melakukan pekerjaan rumah, presentasi, hobi, menceritakan ulang, dll.

TEKNOLOGI INTERNET
Internet adalah suatu teknologi yg dapat membantu orang memudahkan pekerjaan. Apabila dipakai dg benar, internet sangat membantu meringankan pekerjaan. Keterampilan dasar yg perlu diperhatikan dalam penggunaan internet antara lain:
1. Menggunakan mesin pencari seperti keyword, b. Inggris, mencari kredibilitas informasi.
2. Etika dalam komunikasi di internet seperti etika ketika membalas atau menulis email, etika dalam komunikasi di media sosial, keamanan komunikasi.
3. Mengikuti tutorial mandiri
4. Berinteraksi di forum.

Sekian 3 pilar HS yg dijalankan oleh Mba Mira Julia dan Mas Aar kepada anak2 mereka. Semoga memberi manfaat untuk teman2. Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s