Permainan untuk Bayi Selama Travelling

Assalamu’alaikum,

Teman-teman yg suka travelling bareng anak dan suami pasti sudah biasa membuat permainan yg menyenangkan untuk anak selama di perjalanan. Tapi, bagi teman-teman yg jalan-jalannya misalnya cuma pas mudik ada yg mati gaya kayaknya bagaimana cara menghadapi anak yg ga betah selama perjalanan.

Ada banyak cara yg bisa teman-teman lakukan bersama suami dan anak selama di perjalanan, terlebih lagi jika anaknya masih bayi. Teman-teman bisa membawa mainan kesukaan bayi. Ssaran saya bawa mainannya 1 aja, agar tidak banyak bawaan. Kalau sy pribadi hanya bawa 1 mainan yg paling disukai oleh anak saya. Mainan yg disuka anak sy seperti gambar di bawah ini:

image

Piano Bayi

Piano bayi ini sy ketemu di Malang. Gambar binatang  pada piano bisa mengeluarkan bunyi sesuai suara gambarnya. Misalnya kl kuda yg dipencet, keluar suara kuda, kl ayam keluar suara ayam, dst. Nada do re mi fa sol la si do juga bisa kita mainkan lagu yg kita bisa. Kl teman2 lihat tombol yg sudak rusak di sebelah kanan bawah (di samping tombol nada do tinggi), tombol itu untuk merubah bagian-bagian bunyi. Bagian pertama kl tombol binatang yg dipencet, keluar suara binatang dan kl tombol nada yg dipencet akan keluar nada do re mi fa sol la si do. Bagian kedua kl tombol binatang yg dipencet, akan keluar suara binatang dan lagu dan nada dipencet akan keluar lagu, misalnya nada sol yg dipencet akan keluar lagu twinkle twinkle little star, nada do tinggi dipencet keluar lagu london bridge, dst. Bagian ketiga kl tombol binatang yg dipencet keluar lagu, misalnya kuda yg dipencet, keluar lagu mc.donald had a farm. Menyenangkan sekali ketemu piano ini, karena dr baru lahir mendengar lagu-lagu yg ada di piano ini, anak sy tertidur, umur 5bl sudah bisa pencet tombol di piano, dan 1 th skr ini giliran rusakin pianonya. Hehehehehe. Selain bayi, piano inijuga diaukai oleh anak2 balita sampai umur 5th. Banyak ibu2 yg nanya beli dimana piano ini ke sy.


Selain hal di atas, selama di perjalanan kita juga bisa menciptakan mainan sendiri selama di perjalanan, yuk intip bagaimana sy dan suami menciptakan permainan untuk bayi kami dan bermain dg bayi kami di video di bawah ini:

Permainan di video tersebut suami sy buat dari plastik lalu diikat bulat (seperti balon) agar bisa ditepuk-tepuk oleh sy dan bayi sy yg memainkan. Sy menepuk-nepuk sambil bernyanyi lagu agar anak sy semakin senang.

Selain permainan di video tersebut, permainan lainnya adalah berjalan di sepanjang kereta atau pesawat (tentunya kl tanda sabuk pengaman dipadamkan oleh awak pesawat). Berjalan sepanjang kereta dari gerbong awal sampe gerbong akhir atau berjalan di sepanjang pesawat adalah hal yg paling ampuh menghilangkan bosan buat bayi. Teman-teman sebaiknya bersikap cuek jikalau ada orang lain yg melihat terus. Bisa jd orang lain tsb ternyata gemas melihat anak Anda yg lucu.

Bagaimana kl di mobil?
Kl di mobil teman2 bisa berhenti sebentar, lalu ajak bicara anak Anda sambil mengenalkan suasana sekitar tempat pemberhentian kepada anak Anda. Dan masih banyak ide permainan lain yg bisa teman2 praktekkan.

Jadi, mau ke kampung, kota bahkan luar negeri udah ga masalah skr asal anak Anda, Anda, dan suami happy, pasti perjalanan jd happy. Selamat travelling!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s