Batu Hijau Sumbawa

Assalamu’alaikum,
Hai, apa kabar semua? Sy mau cerita tentang tempat yg sedang sy kunjungi bersama anak sy. Saat ini sy, suami, dan anak sy 1th sedang berada di batu hijau sumbawa, tepatnya di KSB (Kabupaten Sumbawa Barat). Sy berada disini sekarang dalam rangka liburan sekaligus mengunjungi tempat kerja suami, di NNT(Newmont Nusa Tenggara).

Perjalanan kami dimulai dari Mataram, Lombok. Perjalanan dari Mataram ke Batu Hijau memakan waktu kurang lebih 6jam. Kami berangkat pukul 08.00 dan tiba di Batu Hijau pukul 14.30. Kami menempuh perjalanan melalui darat dg kendaraan pribadi. Dari Mataram keBatu Hijau, kami melewati Lombok Tengah, Lombok Timur, nyebrang melalui pelabuhan Kayangan di Lombok Timur ke pelabuhan Tano di Sumbawa selama 1,5 jam.

Ini nih foto anak kami dalam perjalanan yg sedang makan buah naga. Untungnya, anak sy sangat menikmati perjalanan liburan kami ini. Seharusnya dia duduk di baby car seatnya, tapi saat foto ini diambil, dia sedang ingin bersama sy🙂.

Foto di atas adalah saat kami sedang berada di atas kapal. Waktu yg kami habiskan di atas kapal adalah mengenalkan kepada Faiz kapal feri yg dipakai untuk menyebrang seperti apa, bagian2 kapal, interaksi dg penumpang2 lainnya, dan yg paling menyenangkan adalah saat Faiz kagum melihat pemandangan dari atas kapal. Faiz melihat sekelilingnya biruuu semua dan diapit oleh 2 pulau, yaitu pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Gambar di atas adalah pelabuhan Tano. Sebelum sampai ke batu hijau, kami sempat mampir ke daerah Taliwang. Disana kami mencari rumah makan yg khas taliwang, yaitu RM Suramadu dan RM Sehati, tapi RM Suramadu ga ketemu dan RM Sehati tutup, akhirnya kami memutuskan untuk makan yg lewat aja, yaitu RM Padang. Di RM tsb perkedel kentangnya enak bgt, sampe anak sy nambah 2x. Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke batu hijau.

Sesampainya di batu hijau, kami harus melewatkan beberapa prosedur yg harus ditaati oleh karyawan dan visitor (pengunjung).

Salah satu satunya gambar di atas ini, bayi harus duduk di baby car seat dan setiap orang yg masuk ke pt.nnt harus memakai tanda pengenal yg dibuatkan oleh pihak perusahaan. Setelah masuk pun, kami harus mengikuti induksi, termasuk bayi jg. Tp tenang induksinya nonton film kok. Filmnya berupa sluruh peraturan yg harus diterapkan selama di area dan beberapa nomor telepon kalau2 ada emergency. Udah yukkk ceritanya, liat foto aja yuuuk.

Ini beberapa hal lucu yg anak saya nikmati. Saya punya kebiasaan minum susu ultra. Ketika sy sedang menerima telp, anak sy ini mengambil susu yg sy minum td, dan dia coba, jadi deh ktrusan minum susu ultranya.

Nah kl ini adalah foto di pelabuhan benete. Liat deh aksi foto si bayi lucu ini. Disini kami menikmati masakan asli daerah benette, yaitu sepat dan singang. Masakan tersebut dua-duanya terbuat dari ikan bakar. Bedanya kl sepat lebih nano2 rasanya, ada asin, asam, sepet yg dilengkapi dengan sayuran seperti terong, belimbing. Kl singang bumbu kuning pedas. Yg pasti keduanya berkuah dan enak. Berikut fotonya:

Sepet (kiri), Singang (kanan)

Gambar di atas dalah pantai benette. Anak sy seneng bgt main air di pantai, ga lupa main perahu2 jg.

Setelah itu, kami mencoba untuk mengunjungi pantai tropikal. Pantai ini bagus bgt, trutama untuk yg senang berselancar. Pantainya ga kalah sm pantai2 di Bali dan Lombok. Turis domestiknya masih jeang bgt, yg banyak dalah turis asing. Di pantai ini ga ada yg jual makanan jadi, adanya ikan mentah hasil tangkapan penduduk setempat, ada resort dan wifi gratis, oh iya denger2 ada hiu di pantai ini. Berikut foto2nya:

Seru kan pengalaman kami liburan kali ini. Indonesia ga kalah kok dengan luar negeri. Yuk mari jelajah Indonesia. Sebagai penutup saya tampilkan video kelucuan anak sy yg sudah bisa memperagakan instruksi *up and down* dr sy. Instruksi ini biasa sy latih dalam kebersamaan kami ketika sedang pijat bayi. Cekidot.

Wassalamu’alaikum.

One thought on “Batu Hijau Sumbawa

1. Selamat pagi,
    Mau info kak. Apakah waktu mengunjungi suami di batu hijau membutuhkan surat penugasan atau pengantar dr perusahaan suami? Terima kasih