HYPNOBIRTHING

Assalamu’alaikum…

Hypnobirthing adalah upaya penanaman sugesti positif ke pikiran bawah sadar Ibu hamil sehingga Ibu hamil dapat menjalankan kehamilan dan persalinan dengan tenang, lancar, dan berkurang rasa nyeri yang dirasakan.

Manfaat Hypnobirthing dapat dirasakan selama kehamilan, menjelang, saat, dan setelah persalinan.

Selama kehamilan, Hypnobirthing dapat:

  1. Mengatasi rasa tidak nyaman yang dialami Ibu
  2. Mengurangi rasa mual, muntah, dan pusing pada awal kehamilan
  3. Membantu janin terlepas dari lilitan tali pusat
  4. Komunikasi dengan bayi agar kasih sayang dapat dibangun dari awal kehamilan
  5. Membantu memperbaiki kelainan letak bayi dalam kandungan (pada letak sungsang)
  6. Pengasuhan bayi sejak di dalam kandungan sehingga dapat membantu meningkatkan IQ, EQ, dan SQ bayi dalam kandungan.

Menjelang persalinan, Hypnobirthing berguna untuk:

  1. Melatih relaksasi
  2. Mengontrol sensasi nyeri dan kontraksi rahim
  3. Meningkatkan kadar endorphin tubuh. Endorphin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh pada saat kita bahagia.

Saat persalinan, Hypnobirthing bermanfaat untuk:

  1. Memperlancar proses persalinan
  2. Mengurangi risiko komplikasi persalinan
  3. Menjaga suplai oksigen pada bayi selama persalinan

Setelah persalinan, Hypnobirthing membantu:

  1. Meningkatkan ikatan batin antara bayi dengan ayah dan ibunya
  2. Mempercepat pemulihan pada masa nifas
  3. Mencegah sindrom baby blues. Baby blues adalah keadaan dimana suatu keadaan timbulnya perasaan khawatir, kecewa, sedih pada Ibu dikarenakan perbedaan keadaan ketika mempunyai anak.
  4. Memperlancar produksi ASI

Yang dilakukan pada saat Hypnobirthing adalah:

  • Relaksasi
  • Kegiatan Ideomotor
  • Komunikasi dengan bayi dalam kandungan
  • Afirmasi positif
  • Latihan Visualisasi
  • Endorphin Massage
  • Body exercise

Relaksasi bertujuan untuk mengistirahatkan seluruh tubuh, pikiran dan perasaan. Dengan demikian, gelombang otak berada pada kondisi alpha, theta atau delta. Pada kondisi ini, pikiran bawah sadar mudah diprogram untuk memasukkan sugesti positif. Latihan Rileksasi dapat dilakukan dengan mendengarkan musik, contohya song bird at sun rises, mengikuti kelas – kelas relaksasi, menanamkan sugesti positif dalam diri agar lebih santai/rileks. Pelatihan rileksasi di kelas relaksasi biasanya dilakukan dengan peserta tidur di atas matras dan bantal dengan bimbingan pelatih yang memberikan kata – kata agar peserta rileks dengan dibantu alunan musik yang membuat peserta rileks.

Kegiatan Ideomotor adalah kegiatan otomatis/alami dari tubuh yang didasari oleh niat. Kegiatan ini berfungsi sebagai ‘pembuktian’ sederhana bahwa diri telah rileks. Pelatihan Ideomotor di kelas pelatihan dilakukan setelah relaksasi/tubuh rileks. Hal ini disebabkan agar keadaan rileks dapat membawa tubuh dan pikiran untuk berpikir dan bergerak ke arah yang positif. Ideomotor dilakukan dengan gerakan tangan sederhana yang dilakukan di sekitar tubuh dalam keadaan gelombang otak berada pada kondisi alpha dan theta.

Komunikasi dengan bayi di dalam kandungan. Komunikasi bertujuan untuk meningkatkan ikatan bayi dengan kedua orangtuanya. Dengan komunikasi yang sering, bayi akan mudah mengerti apa yang Ibu dan Ayah komunikasikan, sehingga saat persalinan nanti bayi, Ibu dan Ayah mudah bekerjasama dan menjadikan persalinan lancar dan mudah. Manfaat setelah lahir adalah kelak bayi menjadi mudah berkomunikasi dengan kedua orangtuanya dan menjadikan pengasuhannya menjadi lebih efektif. Ibu dan Ayah dapat mengkomunikasikan harapan, doa, kalimat – kalimat positif, mengobrol dalam kegiatan komunikasi ini. Untuk lebih terasa hangat, komunikasi dapat dilakukan dengan posisi kedua orangtua duduk dengan nyaman, Ibu duduk di pangkuan/depan Ayah sambil memeluk dan memegang/mengelus-elus perut Ibu sambil berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan.

Latihan Visualisasi berfungsi untuk berbagai kondisi yang membutuhkan visualisasi. Sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki submodality/learning channel visual. Latihan visualisai dapat dilakukan dengan membayangkan diri berada di tempat yang nyaman misalnya rumah/tempat tinggal atau membayangkan mendapat pelukan dari orangtua/suami.

Body Exercise. Body exercise yang dapat dilakukan antara lain adalah prenatal yoga dan pelvic rocking. Untuk Ibu hamil yang belum pernah melakukan body exercise, sangat disarankan untuk mengikuti kelas yang dibimbing oleh pelatih agar tidak terjadi kesalahan/keluhan pada Ibu hamil.

Endorphine Massage bertujuan untuk merangsang pengeluaran hormon endorphin yang berfungsi untuk meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi rasa nyeri. Endorphin massage hanya boleh dilakukan saat kehamilan berumur 36 minggu, mengapa? Karena Endorphine massage dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin, yang bisa memicu terjadinya kontraksi dan bagi ibu dengan riwayat persalinan prematur atau riwayat keguguran secara berulang, teknik ini harus dilakukan dibawah pengawasan bidan/dokter.

Endorphine massage dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Ambil posisi senyaman mungkin, bisa dilakukan dengan duduk, atau berbaring miring. Sementara pasangan Anda berada di dekat Anda (duduk di samping atau di belakang Anda). Tarik napas yang dalam lalu keluarkan dengan lembut sambil memejamkan mata. Sementara itu pasangan atau suami mengelus permukaan luar lengan Anda, mulai dari tangan sampai lengan bawah. Mintalah ia untuk membelainya dengan sangat lembut yang dilakukan dengan menggunakan jari-jemari atau hanya ujung-ujung jari saja. Setelah kurang lebih 5 menit, mintalah pasangan untuk berpindah ke lengan/ tangan yang lain.
  2. Ambil posisi berbaring miring atau duduk. Pasangan mulai melakukan pijatan lembut dan ringan dari arah leher membentuk huruf V terbalik, ke arah luar menuju sisi tulang rusuk. Terus lakukan pijatan-pijatan ringan ini hingga ke tubuh Anda bagian bawah belakang. Suami dapat memperkuat efek pijatan lembut dan ringan ini dengan kata-kata yang menentramkan Anda. Misalnya, sambil memijat lembut, suami bisa mengatakan, “Saat aku membelai lenganmu, biarkan tubuhmu menjadi lemas dan santai,” atau “Saat kamu merasakan setiap belaianku, bayangkan endorphin-endorphin yang menghilangkan rasa sakit dilepaskan dan mengalir ke seluruh tubuhmu”. Bisa juga dengan mengungkapkan kata-kata cinta. Setelah melakukan endorphin massage sebaiknya pasangan langsung memeluk istrinya, sehingga tercipta suasana yang benar-benar menenangkan.

Selamat menikmati proses kehamilan dan persalinan yang menyenangkan untuk para Ibu hamil. Peran suami sangat dibutuhkan dalam proses kehamilan dan persalinan agar istri dapat menjalani proses alami ini semua dengan nyaman dan rileks. Apabila ada omongan atau sikap yang tidak enak yang datangnya dari orang lain, seperti mertua, teman, dll segera pilah – pilah mana pikiran yang perlu Anda resapi dan mana yang tidak. Teruslah bangun pikiran positif. Beribadah, dzikir, solawat sangat membantu untuk menciptakan pikiran dan kondisi yang positif. Tetap Semangat!

Wassalamu’alaikum.

2 thoughts on “HYPNOBIRTHING

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s