Penggunaan Obat

Assalamu’alaikum…

Obat sebenarnya adalah racun. Jadi, yang harus diperhatikan apabila sedang sakit adalah penggunaan obat tersebut. Jangan takut dengan obat, karena penggunaan yg benar dan baik justru akan menyembuhkan. Tidak ada obat yg tidak ada efek sampingnya. Semua obat, obat herbal sekalipun, punya efek samping. Contoh efek samping yg paling ringan adalah ngantuk.

Yang harus kita perhatikan dalam penggunaan obat adalah:

1. Obat digunakan sesuai dg petunjuk yg telah diberikan.
Saya punya cerita mengenai hal nomor 1 ini, teman sy sering pusing, katanya pusingnya luar biasa sakit sehingga dosis maksimal parasetamol sudah tidak mempan menurut dia,,sehingga dia suka menambahkan dosis sendiri. Sebaiknya gunakan obat sesuai petunjuk yg telah diberikan, karena obat sifatnya racun, maka apabila racun menumpuk dalam tubuh dalam jumlah berlebih bisa menjadi semakin sakit bahkan menyebabkan kematian.

2. Obat diletakkan di tempat yg kering dan sejuk; jangan terkena sinar matahari langsung.
Ada obat yg tidak tahan terkena sinar matahari ada yg tahan. Lebih baik simpan di tempat yg kering dan jangan terkena sinar matahari langsung.

3. Simpanlah obat dalam wadah aslinya, jangan mencampur beberapa macam obat dalam satu wadah.
Hal ini disebabkan karena obat bisa tertukar dg obat lain yg seharusnya tidak diminum saat itu.

4. Untuk menghindari kesalahan, jangan menggunakan obat di tempat remang-remang/gelap dan bacalah aturan pakainya sekali lagi.
Walaupun sudah hafal dg aturan pakai obat, baca lagi aturan pakai obat sesaat sebelum mau meminum obat untuk lebih menyakinkan bahwa sudah benar mengikuti aturan pakai obat.

5. Jangan memberikan obat Anda untuk orang lain karena penyakit kondisi orang tersebut tidak sama dengan Anda.
Walaupun sakit sama dengan orang lain, misalnya Anda dg adik Anda sakit batuk, tetapi kondisi Anda dan Adik Anda belum tentu sama. Oleh karena itu, tidak diperbolehkan memberikan obat Anda untuk orang lain.

6. Jangan minum alkohol selama menggunakan obat.
Hal ini dapat memicu gangguan sistemik, seperti panas tubuh naik, kekeurangan kalium, kekurangan kadar glukosa, dll. Obat sebaiknya diminum dengan air putih.

7. Jangan menggunakan obat sisa yg telah disimpan dalam waktu lebih dari satu bulan.
Obat mempunyai masa waktu setelah dibuka. Masa waktu ini lain dengan tanggal kadaluarsa. Biasanya obat yg telah dibuka jangka waktunya lebih pendek, misalnya obat mata ketika sudah dibuka maksimal boleh digunakan 30 hari setelah dibuka. Setelah lewat dari 30 hari sebaiknya jangan digunakan.

8. Jika Anda ragu, tanyakan kepada Apoteker Anda.

Wassalamu’alaikum.

One thought on “Penggunaan Obat

  1. Very nice article and straight to the point. I am not sure if this is actually the best place to ask but do you people have any thoughts on where to hire some professional writers? Thx🙂
    Ahighbloodpressurediet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s