Fibroadenomamae (FAM)

Assalamu’alaikum…

Fam (Fibroadenomamae) adalah benjolan padat yang kecil dan ringan pada payudara yang terdiri dari jaringan kelenjar dan fibrosa. Jaringan ini biasanya ditemukan pada wanita, dan seringkali pada remaja puteri.

Penyebabnya belum diketahui, lebih disebakan karena pengaruh hormon. Apabila orangtua/keturunan ada yang terkena fam, biasanya turunannya mempunyai faktor risiko terhadap fam.

Gejalanya adalah benjolan mudah digerakkan, batasnya jelas dan bisa dirasakan pada SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Teraba kenyal karena mengandung kolagen (serat protein yang kuat yang ditemukan di dalam urat daging, kulit, dan tulang rawan). Fam dikenal dengan tumor jinak.

Diagnosa berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Benjolan cenderung berbentuk bundar dan memiliki pinggiran yang dapat dibedakan dengan jaringan payudara disekitarnya, sehingga seringkali teraba seperti ada kelereng di dalam jaringan payudara. Untuk membantu mentajamkan diagnosa biasanya dilakukan biopsi.

Untuk mengetahui apakah wanita terkena fam atau tidak, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Cari tahu apakah ada keturunan yang terkena fam/tumor/kanker.

2. Lakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Saya akan menjelaskan bagaimana melakukan SADARI.

3. Apabila dirasakan adanya benjolan, khususnya pada bagian payudara, segera melakukan pemeriksaan dini di Rumah Sakit. Selanjutnya, saya akan menjelaskan bagaimana proses Pemeriksaan Dini di rumah sakit dan kemudian apa yang dilakukan apabila terdapat FAM.

Apabila tidak ada keluarga/keturunan yang terkena fam/tumor/kanker, SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) tetap dilakukan. Lebih baik apabila mau ke rumah sakita untuk melakukan pemeriksaan dini (karena lebih baik mencegah daripada mengobati). Apabila ada keluarga/keturunan yang menderita fam/kanker, lakukan SADARI dan pemeriksaan dini di rumah sakit.

SADARI:

1. Angkat lengan kiri. Dengan menggunakan 3 atau 4 jari tangan kanan, telusuri payudara kiri. Gerakkan jari-jari tangan secera memutar (membentuj lingkaran kecil) di sekeliling payudara, mulai dari tepi luar payudara lalu bergerak ke arah dalam sampai ke puting susu. Tekan perlahan, rasakan apakah ada benjolan atau massa di bawah kulit. Lakukan hal yang sama terhadap payudara kanan dengan cara mengangkat lengan kanan dan memeriksanya dengan tangan kiri. Perhatikan juga daerah antara kedua payudara dan ketiak.

2. Berbaring terlentang dengan bantal di bawah punggung yang sejajar dengan dada. Telusuri payudara kiri dengan menggunakan hari-jari tangan kanan. Dengan posisi seperti ini, payudara akan mendatar dan memudahkan pemeriksaan. Lakukan hal yang sama terhadap payudara kanan yang dilakukan dengan jari tangan kiri.

Pemeriksaan no.1 akan lebih mudah dilakukan ketika mandi karena dalam keadaan basah tangan lebih mudah digerakkan dan kulit lebih licin.

Apabila pada SADARI terasa benjolan, maka saya sarankan untuk melakukan segera pemeriksaan dini di rumah sakit. Pemeriksaan dini di rumah sakit dilakukan oleh dokter (bisa wanita/pria, lebih baik memilih dokter yang wanita untuk pasien wanita). Pada pemeriksaan dini, yang dokter lakukan adalah sama seperti SADARI yang kita lakukan sendiri. Biasanya dokter bisa mengetahui apakah benjolan ini benjolan tumor/kanker atau bukan keduanya. Setelah itu, biasanya dokter menyuruh untuk dilakukan USG (Ultrasonografi). Pada USG, akan telihat benjolan tersebut sebesar apa. Apabila benjolannya lebih dari 2 cm, dilakukan operasi. Karena masih tahap pemeriksaan dini, biasanya dokter tidak cepat-cepat menyuruh operasi. Dokter akan melihat perkembangan ukuran benjolan tersebut dalam waktu 6 bulan, 1 tahun…apakah berkembang secara pesat dan besar? Apabila pertumbuhannya cepat dan menyerang bagian tubuh lain, bisa jadi kanker. Setelah dari USG, dokter pemeriksaan dini dan dokter radiologi akan menyuruh ke dokter onkologi. Onkologi adalah sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker.

Dokter yang baik adalah dokter yang tidak menyuruh langsung operasi dan banyak berkomunikasi degan kita. Yang biasa dokter komunikasikan adalah banyak berolahraga dan cepat nikah sehingga menyusui. Belum adanya hasil penelitian yang akurat mengenai mengapa dengan menyusui dapat menurunkan faktor risiko fam,tetapi hasil survey dari beberapa wanita yang menderita fam, ketika menyusui aktif sampai anak berumur 2 tahun, fam tersebut hilang di payudaranya.

Kita lanjut, apabila dokter menyarankan operasi, dokter akan mengambil bagian fam dan kemudian dilihat hasil patologinya apakah jaringan tersebut tumor jinak/ganas. Setelah operasi, lakukanlah pemeriksaan yang rutin sesuai yang dokter sarankan. Hal ini berguna untuk memantau kesehatan kita. Perban bekas operasi juga sangat disarankan untuk tidak terkena air, karena bisa menyebabkan infeksi. Tidak ada pantangan dalam makanan, yang disarankan oleh dokter onkologi biasanya adalah olahraga dan cepat-cepat nikah agar menyusui. Untuk wanita yang sudah menikah sangat disarankan untuk memberikan ASI kepada bayinya, hal ini berguna untuk kesahatan Bayi dan Ibu.

Terakhir, Allah-lah Yang Maha Menyembuhkan. Jangan lupa untuk selalu memohon kesahatan untuk kita dan keluarga kita.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

30 thoughts on “Fibroadenomamae (FAM)

  1. Terima kasih bnyak mba Lala,, saya sudah dr usia 16 thn merasakan ada nya benjolan, namun saya sepelekan kareta tidak terlalu mberikan efek (tdk sakit), namun stelah usia 20thn-an benjolan smakin terasa (agak smakin mbesar). tp saya tdk pernah mw operasi.
    infonya b’manfaat sekali.
    Semoga FAM ini bisa hilang ketika saya menyusui.

    • InsyaAllah menurut dokter dari penelitian beberapa wanita setelah menyusui hilang FAM-nya. Begitu juga Mama saya, setelah menyusui hilang FAM-nya.

  2. mf,umur saya 19th,sya blm mnikah
    tgl.3april kmrin saya bru saja operasi pengangkatan FAM
    tapi hasil PA nya belum ada sampai skarang
    skarang yg sya rasakan,dada saya sakit sampai ke punggung2 dan berasa agak sesak sdikit
    yg ingin ditanyakan, apakah sakit ini tidak apa2 ?
    mohon infonya..
    terimakasih

  3. apakah kalau ttp menyusui tidak berbahaya bagi bayi dan buat bundanya tidak merangsang menjadi bertambah ukuranya. l !

  4. saya umur 17 juga terkena fam sudah mau 2 tahun. dokter menyarankan untuk operasi tapi saya coba terapi alternatif menggunakan elektro statis dan alhamdulillah mengecil perlahan. menjaga makanan dan olahraga menurunkan resiko fam untuk membesar.

  5. umur sy 24 th, sy sdh mnikah, sy ikut program KB utk mnunda khmilan. sdh hmpir 1 th sy mrsakan ada bnjolan di payudara kiri sy.. Wktu Sy priksakan k dokter sy lgsung disarankan utk d operasi.. Tp smpai skrg blm sy lakukan karena sy takut bgt sm yg namanya operasi .. Jd yg bs sy lakukan slma ini dg olhrga rutin ,,yg ingin sy tanyakan apakah FAM ini klo di biarkan trus-mnerus bs bahaya? Ada ga selain dioperasi FAM bs ilang dg sndirinya ?

    • Halo Mba Selvia, maaf sy baru balas. FAM bisa hilang kl diameternya tidak besar. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga dan menikah🙂

    • Hai Mba Lestari terima kasih komentrnya. Luka bekas operasi masih di perban ga Mba? Seharusnya selama 1 minggu sebelum check up lg masih d perban. Kl gatal diamkan saja mba,,kl gàtal banget mungkin bisa dikonsultasikan ke dokter seaua dg kondisi kulit Mba Lestari.

  6. Salam, Mba lala salam kenal
    Aku juga pnya benjolan di mamae kanan dan hasil USG adalah FAM juga mba, khawatir bgt karena insha Allah sbntar lagi jg ada rencana menikah klo ngga dioperasi takut berdampak ketika hamil dan punya anak nanti.. tp Alhamdulillah setelah baca blog mba lala jd menenangkan, btw waktu mba lala ada FAM sama sekali ngga di operasi ya mba? tq🙂

    • Terima kasih Mba Intan atas komentarnya. Sy sempat operasi waktu awal krn untuk mengetahui apakah jinak (fam) atau ganas (kanker) dan juga diameter ukurannya ud di atas 2,5cm. Alhamdulillah hasilnya fam. Stlh menikah dan punya anak memang hilang.

  7. Mba Lala, aku jg ada benjolan di payudara kiri, udh lumayan lbh dari 3cm, kalo mba sendiri fam itu diikuti dgn pembekakan di daerah ketiak gk? Soalnya ketiak aku terasa bengkak. Makasih mba.

  8. Mba lala, aku kan udah operasi FAM, udah 3 mingguan, jaitan nya udah di buka 1 minggu yg lalu tapi ko masih ada sisa 2 jaitan ya? Itu ga ke ambil apa sengaja ga di buka ya? Terus bekas operasi nya ko jadi terasa keras ya terus sering gatel juga . Itu kenapa ya mba? Bahaya engga ya ?

    • Halo Mba Ibnah..gmn hasil patologinya? mengenaik jahitan bs tanya ke petugas kesehatan knp msh ada sisa 2 jahitan?iya kadang gatal. bilang aja k dokternya unt dikasih salep spy ga gatel. jangan digaruk ya.

  9. assalamualaikum mb?
    saya punya benjolan d sebelah kiri payudara, berwarna kehitaman dan multiple. jadi kayak ada banyak benjolan gitu. ukurannya sudah besar mb sktr 6cm mngkin. yang aku tau itu benjolan sdh ada sejak aku remaja mb, skrg umur 19 dan blm.menikah.
    kmngkinan itu fam ya mb, soalnya ns digerakkan dan gak sakit.
    ditunggu jawaban komennya mb. terimakasih

  10. asw.mba aq prnah operasi fam th 2008
    skrang aq dah pnya baby umur 2bln.br 3hari ini bengkak yg d payudara it agk nyeri..agak cemas jg mb..apa yg hrus dlakukan?

  11. maaf ayuk2 mba2 semuaa,nama aku afita umur aku 16 tahun,aku itu ngerasain ada benjolan itu wktu aku bru2 kena mensturasi,aku gk segitu merhatiin benjolan itu krna tidak skit,tp wskrng aku kls 1 sma,ketika aku sring tdr itu aku merasan benjolan itu smkin membesar,seminggu kemudian aku memberanikan diri bilang ke ibu ku,tp klrga ku mengabaikan nya semua krna aku tdk merasa skt,tp ketika aku searching info di internet fam ini bisa jdi tumor ganas jika tdk d operasi,apa itu bener mba?biaya operasi nya emng brp ya? terima kasih

  12. Assalammualaikum
    Sy arni usia sy 24th sy sudah menikah.. sy mau tanya mba.. 3 bln yg lalu sy habis operasi payudara disebelah kiri.. karena adanya FAM!
    Setelah operasi payudara karena FAM.. bolehkan sy KB?

    • Wa’alaykumsalam warrahmatullah, terima kasih pertanyaannya Mba Arni. Alhamdulillah setelah operasi FAM, sy menikah dan punya anak menyusui hingga 2 tahun. Riwayat kelahiran anak saya adalah sesar / bukan lahir secara normal (SC). Menurut Dokter, dengan riwayat SC, untuk kehamilan berikutnya disarankan paling cepat 2-3 tahun setelahnya. Oleh karena itu, saya memasang KB. Menurut Dokter Obgin saya, KB yang paling aman adalah KB Spiral. Saya memasang KB spiral sampai sekarang. Sudah 3 tahun. Semoga membantu menjawab pertanyaan Mba Arni. Terima kasih.

  13. Asslkumk mbk lala…sy umur 25th skrg sdang hamil 20mgguan.sblumnya sy tdk pernah ada bnjolan d pydra..tp saat hmil skrg sy bru mrskan benjolan sbesar klreng d pyudra yg kiri..sy bru mnydarinya 3hri yg lalu krna sblumnya tdk prnah ada..apa itu termsuk FAM y…?

    • Halo Mba Ayunda, terima kasih pertanyaannya. Mba Ayunda bisa ke rumah sakit ke bagian pemeriksaan dini Mba. Dulu untuk mengetahui apakah fam atau bukan, saya periksa ke bagian pemeriksaan dini di RS Dharmais. Terima kasih.

  14. Selamat malam mbak lala. Maaf mengganggu. Saya seorang ibu dengan bayi umur 7 bulan. Dan saya masih aktif menyusui. Namun 2 hari kemarin di pd saya sebelah kanan ada benjolan kcil lunak di daerah bagian dalam areola/Pd. Namun jika dipegang tidak sakit dan posisi tidak berpindah-pindah. Apakah ini salah satu tanda2 dari Fam ya mbak. Terima kasih

    • Halo Mba Dian, terima kasih pertanyaannya. Sakit pada payudara juga bisa disebabin karena kecapean. Apabila sakitnya tidak hilang-hilang selama lebih dari 7 hari, bisa dikonsultasikan ke Dokter Mba. Di RS Dharmais ada bagian pemeriksaan dini. Bisa dikonsultasikan kesana Mba. Terima kasih.

Leave a Reply

