Keinginan Melanjutkan Sekolah

Assalamu’alaikum…

Hari ini sy ditanya oleh salah satu adik-adik tempat sy mengajar di A2R (Anak Asuh Rimbani) Mesjid Al-Mughni Kuningan, “Kak, gimana caranya bisa masuk ITB? Sy ingin masuk ITB”. Pertanyaan ini dulu sempat sy tanyakan ke kakak-kakak kelas sy sewaktu sy SMA. Sy jawab, “Belajar dan berdoa”. Jujur, hanya belajar dan berdoa yg sy lakukan. Setelah salah satu adik A2R menanyakan hal tersebut, adik-adik yg lainnya diam. Sy merasa ada yg aneh dr diamnya mereka. Maka, sy tanyakan kepada mereka semua “Adik-adik setelah lulus SMK mau ngapain?” Tidak ada yg menjawab. “Ok, masih pada malu-malu. Adik-adik yg SMA, setelah lulus SMA mau ngapain?” Yg SMA lebih terbuka ke sy, “Mau kuliah Kak”, jawab salah satu adik A2R yg SMA. “Mau kuliah dimana? Belum tau Kak, maunya si di ITB”.
“Baik. Sy minta semua menuliskan di kertas. Apa yg akan kalian lakukan setelah kalian lulus nanti? Apa kalian mau kuliah, kerja, wirausaha, nikah, atau ada yg lain? Kalau kuliah, kalian mau kuliah dimana dan jurusan apa? Kalau kerja, kalian mau kerja dimana? Kalau wirausaha, kalian mau berwirausaha apa? Jangan lupa juga untuk menuliskan apa yg kalian sudah lakukan untuk mencapai tujuan kalian tersebut?”

Setelah semua adik selesai menyerahkan ke sy, di bawah ini adalah isi curhatan adik-adik:

1. Keinginan sy setelah lulus, sy ingin masuk ITB jurusan Teknik Sipil. Kalau tidak masuk ITB, sy ingin mengambil STIS. Semua jurusan di ITB tinggi-tinggi nilainya dan banyak peminatnya. Teknik Sipil yg sy tau dibutuhkan untuk membangun gedung, jalan, jembatan. Sy ingin sekali masuk ITB. Mudah-mudahan sy bisa masuk. Usaha yg telah sy lakukan adalah belajar di sekolah, dg teman-teman di luar sekolah, berdoa, minta doa dr orangtua, belajar di rumah, dan belajar di A2R. Semoga sy bisa masuk Teknik Sipil ITB.

2. Keinginan sy setelah lulus, sy ingin masuk IPB Bogor, mungkin memang sangat berbeda dg dasar yg sy ambil di SMK, yaitu Akuntansi, tetapi memang sy sangat tertarik dg pertanian. Sy ingin mengetahui dan mensurvei cara petani bekerja dan memasok hasil pertaniannya sampai ke pemerintah dan sampai dinikmati oleh masyarakat. Persiapan untuk sy masuk IPB, pertama sy menunggu SNMPTN jalur undangan melalui sekolah. Semoga nilai sy mencukupi untuk mendapat undangan itu. Semoga tercapai, aamiin. Langkah kedua sy akan mencoba jalur reguler.
Kembali ke UN, persiapan sy sebelum UN, yaitu pertama meminta maaf kepada kedua orangtua sy, kemudian sy meminta restunya agar semua ujian praktek, UAS, dan UN sy bisa berjalan lancar dan sukses. Karena ujian akan dilaksanakan bulan April, maka strategi sy yaitu sebulan full (Januari), sy belajar MTK, lalu Februari B. Inggris, terakhir Maret B. Indonesia. Namun, semua itu tak luput dr doa sy dan doa orangtua sy di setiap solat kami.

3. Keinginan sy setelah lulus sekolah nanti, sy ingin langsung bekerja di kantor surat kabar dan sy akan mengumpulkan dana untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknologi dan informasi. Usaha yg sy lakukan sekarang, sy akan belajar sungguh-sungguh agar bisa lulus dg nilai yg memuaskan. Sy akan mengikuti kegiatan belajar tambahan di sekolah dan berdoa agar lulus dg nilai yg baik dan sy ingin membanggakan orangtua sy.

4. Setelah lulus, sy ingin melanjutkan kuliah di UNPAD atau STAN. Persiapan yg telah sy lakukan mengikuti PM (Pedalaman Materi) di sekolah dan A2R, belajar kelompok dg teman dan sudah memperlajari soal-soal ujian Matematika, B. Inggris, dan B.Indonesia.

5. Setelah lulus, sy ingin kuliah di UI jurusan Geofisika. Walaupun sy tidak ada dana tetapi sy berkeinginan untuk kuliah. Akan tetapi, sy ragu untuk bisa masuk UI karena di sekolah sy tidak ada pelajaran fisika. Sejak sy SMP, sy sudah berkeinginan untuk kuliah jurusan Geofisika. Pas sy SMP, sy giat belajar IPA (Fisika) karena sy senang dg pelajarannya dan sy juga ingin menguasainya.

6. Setelah lulus, sy ingin melanjutkan kuliah di UNPAD (Universitas Padjajaran) Bandung. Persiapan sudah mencoba ikut program beasiswa STEKPI. Jurusan yg ingin sy ambil adalah Akuntansi. Persiapan UN: sudah mulai PM, belajar kelompok dg teman-teman, sudah mulai memahami soal-soal matematika ujian nasional.

7. Setelah lulus, sy ingin kuliah dan kerja. Sy mau masuk STIS. Usaha yg telah sy capai, nilai matematika rapot terakhir cukup memuaskan. Untuk kuliah, sy masih bingung memilih antara STIS dan UI, karena kalau STIS sy ragu untuk bisa masuk. Karena di persyaratannya disyaratkan dari SMA IPA.

8. Jujur, sy orang yg malas, tapi keinginan sy sangat banyak. Sy setelah lulus akan kuliah di UI jurusan Akuntansi/Psikologi. Jika gagal, sy akan kerja di tempat teman ortu sy dan mulai mengumpulkan uang yg banyak. Yg sudah sy capai: kemampuan matematika 60%, B.Inggris 52%, B.Indonesia 57%, IPS 20%, Kejuruan 50%.

9. Sy ingin melanjutkan kuliah UI jurusan Akuntansi atau Pendidikan Guru di UNJ. Usaha yg telah sy lakukan adalah belajar.

Dalam doa sy pasti ada doa untuk mereka. Mengajar adik-adik A2R membuat sy banyak mengalami hal-hal baru. Menyenangkan bisa sharing khususnya curhat dg mereka. Mungkin dulu kuliah adalah hal yg jauh dr pikiran mereka, karena ada beberapa dr mereka yg orangtuanya tidak mendukung mereka untuk melanjutkan sekolah, walaupun bantuan dana untuk melanjutkan sekolah ada. Semoga adik-adik A2R bisa melanjutkan sekolah sesuai dg keinginan mereka.

Wassalamu’alaikum…

16 thoughts on “Keinginan Melanjutkan Sekolah

  1. assalammualaikum🙂
    Kk, saya ingin skali masuk STIS .
    Tp nilaii matematika saya dr kelass 1 tidak sampai angka 7
    Gmnaa harusnya saya ??

    • Wa’alaikumsalam Wr.Wb,,Terima kasih Farina Apriliyani atas tanggapannya. Di STIS akan ketemu Matematika setiap har. Semua bisa dipelajari, asal harus suka dan mau belajar.

      Kalau boleh tau, motivasi Farina masuk STIS apa?

      Kalau memang mau masuk STIS dicoba aja,,kesempatan selalu ada walaupun kecil. Kalau coba ikut tes, ada kemungkinan dapet. Kalau ga dicoba,, ga mungkin dapet.

      Selamat mencoba dan selalu belajar🙂

  2. aslamualaykum
    kk,saya ingin sekali masuk tennig sipil seperti kk tetapi saya dari kls 1 sampai kels 4 nilai mtk ipa
    saya jelek gimana cara nya

    • Hai Zalfa, panggilannya siapa nih? Koreksi dl, hehehe. Sy kul f jurusan farmasi bukan teknik sipil. Gpp kl mat ipany jelek,,kan bisa diperbaiki spy jd bagus. Pasti bisa bagus kl berusaha. Berdoa sll spy Allah sll memberikan yg tbaikunt kita menurut-Nya. Semangaat!

  3. asslamualaikum wr. wb kaka kapan ke A2R lagi? kapan kapan ke sini dong kakak😉 kak saya mau nanya bagaimana caranya supaya pelajaran yang gak saya suka menjadi saya suka pelajaran yang saya tidak suka itu matematika dan fisika🙂

    • Hi Fianiminanda, panggilannya siapa nih?🙂 kl ga suka emang susah untuk suka. Gmn kl cari2 keg yg disukai tp berhubungan sm mat n fis?kl ga suka jg latihan2 soal aj. Semoga membantu ^^

  4. assalamualaikum wr.wb kak saya anak a2r kakak kapan ke a2r lagi? kapan kapan kesinih dong k🙂 kak saya mau nanya bagaimana caranya supaya pelajaran yang tidak kita suka menjadi kita suka? karna saya tidak suka fisika #mohon motivasinya k:)

    • Hai Selsa ya panggilannya? Hmmm,kl udah bilang ga suka emang ga bs jd suka, hehehe. Saran sy coba kr2 apa yg kesukaan Selsa?nah dhubungkan kesukaan iti dg fisika.kl ga suka jg,latihan soal aj🙂 semoga membantu ^^

  5. Kak, saya ade sepupunya kak aci. Saya ingin masuk ITB fsrd, tapi saya anak IPA, sedangkan fsrd kan jurusan IPS, sbmptn nya bisa IPA ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s