Mari Bahagia

Assalamu’alaikum…

Akhir-akhir banyak banget orang-orang yg sepertinya tidak bahagia dalam hidupnya. Contohnya seorang remaja yg menginginkan hidupnya seperti seorang artis remaja di TV. Denger juga di radio kalau ternyata Beyonce (penyanyi termahal) yg tiket konsernya habis hanya dalam waktu 2 detik, ternyata jg merindukan kehidupan normalnya, karena dia bilang ternyata dia sampai tidak tahu hari ini hari apa&tanggal berapa karena yg dia tahu hanyalah kerja, kerja, dan kerja. Jadi, apakah 2 contoh di atas bahagia?

Ada yg bilang bahagia merupakan deviasi antara persepsi, perilaku, dan prestasi. Kalau dipikir-pikir pernyataan tersebut tidak salah. Kalau dipikir, misalnya kita akan bahagia kalau kita bisa punya rumah sendiri (persepsi). Lalu persepsi tersebut akan lanjut ke perilaku kita untuk bisa membeli rumah sendiri, kemudian hasilnya kita bisa beli rumah sendiri. Lalu? Akankah kebahagiaan kita sampai disitu saja? Tentu jawabnya tidak. Kita masih mau yang lain dan yang lain lagi. Intinya kebahagiaan tersebut di atas sifatnya hanya sementara.

Berbahagialah terhadap apa yg kita miliki sekarang bukan pada apa yg belum kita miliki. Bersyukurlah!

Kalau pernah mendengar hasil survey negara mana saja yg menempati urutan teratas dimana penduduknya banyak yg bahagia, negara yg menempati urutan teratas penduduknya paling bahagia adalah Denmark. Namun, negara tersebut juga kita tahu bahwa penduduknya dikenai pajak lebih dr 50%. Pernah terjadi demo buruh menuntut kenaikan gaji, namun perusahaan tidak mau menuruti begitu saja karena perusahaan bisa membuat pabrik di luar negeri dimana tenaga kerja bisa digaji dengan lebih murah. Jadi, apakah penduduk disana semuanya bahagia? Tidak juga. Negara Amerika yg merupakan negara adidaya menempati peringkat ke-17 sebagai negara bahagia. Bahkan 2 negara top di Eropa (Inggris&Perancis) menempati urutas 22 dan 24. Ada juga orang yg kaya raya namun kehidupan keluarganya menyedihkan. Ada juga seseorang/keluarga yg menurut orang kebanyakan miskin namun sangat harmonis hidupny dan seseorang/keluarga tsb merasa tidak ada beban dalam hidup ini.

Kehidupan seseorang merupakan hal yang unik. Yang membuat seseorang bahagia adalah seseorang tersebut. Kebahagiaan yg bersifat duniawi sifatnya hanyalah sementara, karena pasti akan menuntut kebahagiaan di hal lainnya.

Bersyukurlah apa yg Anda miliki sekarang, jangan menuntut apa yg belum Anda dapatkan. Bahagia dapat diraih jika Anda mau bahagia sekarang, saat ini juga. Bersyukurlah selalu dalam setiap tarikan nafas hidup Anda.

Anda dianugerahi kesehatan yg baik merupakah suatu anugerah yg luar biasa (karena sehat itu mahal). Anda dianugerahi orangtua yg menyayangi Anda merupakan anugerah yg luar biasa karena banyak anak yg tidak mempunyai orangtua dr mereka masih bayi. Anda sudah hidup berkecukupan maka bersyukurlah karena masih banyak orang yg hidup di bawah garis kemiskinan. Anda bisa sekolah sampai tamat bersyukurlah karena banyak orang yg tidak bisa lanjut sekolah…dll. Beryukurlah di dalam tiap nafas Anda, maka Nikmat Tuhan kamu yg manakah yg kamu dustakan?

Mari Bahagia! Bahagia itu mudah!

Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s