Senyum

Assalamu’alaikum…

Anda susah untuk tersenyum? atau Anda gampang untuk tersenyum? Kalau Anda termasuk kategori pertama berarti Anda rugi. Apabila termasuk kategori kedua berarti Anda beruntung.

Senyum adalah serangkaian komunikasi non-verbal dari bibir,wajah&hati Anda. Bisa jadi wajah Anda tersenyum namun hati Anda tidak. Namun, apabila hati Anda sudah tersenyum, pasti senyum dari hati Anda akan terpancar di wajah Anda. Apa bedanya senyum dari hati yg terpancar di wajah dengan senyum hanya di wajah saja? Kalau Anda masih susah untuk membedakan hal tersebut pada diri Anda, coba Anda perhatikan orang-orang terdekat Anda. Pasti akan beda. Contohnya saja: saya..Kebetulan saya bekerja dengan pekerjaan yg membutuhkan senyum setiap saat karena sy selalu bertemu dengan banyak orang dr berbagai instansi pemerintahan. Saya akui memang senyum sangat berpengaruh besar dalam kehidupan sy (atau mungkin semua manusia menurut sy). Apabila hati sy sedang tidak tersenyum, bibir sy harus tetap tersenyum. Kenapa? Karena orang-orang yg berhubungan dengan sy merupakan orang-orang baik yg selalu melayani sy dengan tersenyum🙂. Tidak mungkin kan orang baik sudah tersenyum pula, namun sy cemberutin atau sy nangis karena sedang sedih. Bisa-bisa orang yg berhadapan dengan saya bertanya-tanya atau bahkan tidak simpatik terutama untuk urusan pekerjaan. Nah, kembali ke perbedaan antara senyum dari hati atau hanya di bibir saja. Sy pernah mendapat pertanyaan dr teman2 sy. Kamu terlihat beda, knp? Karena senyum kamu kayaknya tidak seceria biasanya. Itulah perbedaan yg sy bilang.

Cuma butuh sedetik untuk tersenyum, dan cuma butuh kurang dr 10 detik untuk mempertahankan senyum.

Kalau kita lihat sekarang, jarang sekali orang untuk tersenyum. Bahkan, senyum bisa disalahartikan akhir-akhir ini. Misalnya saja wanita tersenyum, tetapi pria menganggapnya sebagai hal lain. Memang hal itu tergantung persepsi prianya. Namun, penilaian tersebut buktinya pernah ada.

Senyum yg tepat adalah di waktu yg tepat dan tempat yg tepat. Yg sy mau bicarakan sekarang hal itu saja, senyum yg tepat. Ketika bertemu teman (walaupun tidak dekat) apa salahnya tersenyum. Banyak sekarang remaja, misalnya tidak satu geng atau tidak satu teman sepermainan, tidak mau tersenyum. Padahal itu amat sangat merugikan seseorang tersebut.
Ramah tersenyum akan membawa banyak kebaikan. Orang-orang jadi simpatik terhadap kita sehingga orang2 jd percaya kepada kita, orang2 mau menolong kita, bahkan orang2 mau bekerjasama kepada kita. Namun, apabila sudah mendapat kepercayaan dr orang lain..maka jangan lupa untuk mempertahankan kepercayaan tersebut. Krn kepercayaan sangat susah kembali untuk didapat. Apabila Anda beragama islam, juga dikatakan bahwa senyum adalah ibadah bahkan senyum adalah sedekah (mohon maaf sy tidak bisa menyebutkan referensi yg kuat mengenai hal ini). Senyum juga membuat kita awet muda, biasanya orang tersenyum karena bahagia sehingga mempengaruhi jiwa juga dan wajah tidak berkerut (seperti kalau marah). Wajah yg dikerutkan karena marah, kesal akan menarik otot-otot wajah sehingga akan mempercepat proses penuaan tetapi apabila kita tersenyum justru otot-otot wajah akan rileks. Dampak senyum sangat luar biasa baik untuk hasil jangka pendek maupun hasil jangka panjang.

Masih susah tersenyum juga setelah membaca blog tentang senyum ini? Marilah mulai saat ini kita tersenyum🙂

Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s