Ujian Apoteker di ITB

Banyak yg bilang ujian apoteker di ITB horor seperti monster. Untuk yg sudah merasakan ujian apoteker di ITB pastinya bisa merasakan bagaimana rasanya ujian apoteker di ITB. Mulai dari mendengar kata ujian apoteker (apt) dari sewaktu S1, persiapan menjelang ujian apt, waktu ujian, menghadapi pengumuman ujian tahap-1,2&3. Perasaan bercampur aduk; resah, cemas, penasaran, takut, sedih, bahagia. Untuk yg belum merasakan dan mau merasakan, silahkan mempersiapkan pengetahuan, fisik, waktu, dan mental dengan sungguh2 karena ujian berlangsung selama 1 bulan.

Ujian apoteker di ITB terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama ujian penelusuran pustaka. Ujian tahap pertama ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama berlangsung selama 9 jam, mulai dari pukul 08.00-17.00. Terdapat Ishoma (istirahat) selama 1 jam dari pukul 12.00-13.00. Pada tahap pertama terdapat 7 bab yg harus dikerjakan.

Bab I: Tinjauan Umum Senyawa Aktif dan Sediaan.
Pada bab ini terdiri dari beberapa subbab, yaitu: struktur kimia zat aktif, nama kimia, rumus molekul, kelarutan, pemerian, titik lebur, pH, berat molekul, definisi sediaan, stabilitas, sinonim, koefisien partisi, data inkompatibilitas, sifat khusus zat aktif, wadah dan penyimpanan, golongan obat berdasarkan UU dan implikasiny, aturan penandaan, dan nomor registrasi.

Bab 2: uraian dan analisis farmakologi.
Pada bab ini terdiri dari subbab: nama obat dan sinonim, bentuk senyawa aktif, mekanisme kerja obat, nasib obat dalam tubuh (ADME), indikasi dan dasar pemilihan, kontraindikasi&alasannya, dosis&perhitungan, cara pakai, efek samping, toksisitas, interaksi dg obat lain dan akibat interaksi, penggunaan pada kondisi khusus pasien, peringatan, cara penyimpanan, dan bentuk sediaan yg beredar di pasaran.

Bab 3: analisis preformulasi, formulasi dan usulan formula.
Bab in terdiri dr subbab: pendekatan formulasi dan kesimpulan formula.

Bab 4: pembuatan dan evaluasi farmasetik sediaan akhir.
Bab ini terdiri dari subab: metode pembuatan sediaan, perhitungan&penimbangan, prosedur pembuatan, IPC, dan evaluasi mutu sediaan akhir.

Bab 5: analisis kimia dan pengujian mutu bahan baku dan sediaan.
Pada bab ini saya malas menuliskan karena banyak sekali hal yg harus ditulis.

Ujian tahap 2 adalah praktikum.

Ujian tahap 3 adalah sidang.

Oia saya lupa menceritakan bagaimana sampai akhirnya bisa 3 tahap seperti itu?

Pada ujian tahap-1 sebelum pukul 08.00 peserta ujian diwajibkan datang pukul 07.30 karena ada undian pengambilan soal. Soal tersebut berisi zat aktif dan jenis sediaan apa yg akan kita dapat serta berapa jumlah sediaan yg akan dibuat.

Sekian informasi mengenai ujian apoteker di ITB.

Untuk Tuhan, bangsa, dan almamater.

Assalamu’alaikum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s